Desa Wisata Banyunibo, Putat, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul.





Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang konon katanya telah berumur 60 juta tahun. gunung ini terletak terletak dikawasan Baturagung, desa nglanggeran, kec.patuk. bagian utara Kabupaten Gunung Kidul pada ketinggian sekitar 200-700 mdpl.     

Menurut litologinya, gunung ini terbentuk atau tersusun oleh material vulkanik tua, dan bentang alamnya memiliki keindahan yang secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Berdasarkan hasil sejumlah penelitian dan referensi, gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba, yang keberadaanya jauh sebelum terbentuknya Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. 

Lahan parkir Gunung Nglanggeran.

Gunung Nglanggeran juga dikenal sebagai gunung wayang, karena menyerupai bentuk wayang. Gunung ini nikmat bila dikunjungi pada sore hari, karena kita bisa pemandangan yang luas nan indah dari atas gunung ini, serta lampu kota yang mulai dinyalakan untuk menyambut malam dan menerangi kota seperti lukisan cahaya.

Fasilitasi fisik pendukung minat wisata seni dan budaya di Desa Banyunibo, Putat, Gunung Kidul. Berupa ruang pentas seni dan budaya beserta kelengkapan pendukungnya.


*Photo-photo yang ditayang disini di ambil dari browsing







Tidak ada komentar: