Desa Wisata Budaya Krebet, Pajangan, Bantul






Hal yang bisa dilakukan wisatawan disini adalah belajar membatik wayang dari kayu. Proses membatiknya lebih membutuhkan ketelitian sebab polanya dibuat manual, tidak dicetak seperti membatik dengan media kain. Nuansa istimewa lain dari dari kegiatan membatik wayang adalah pengunjung dapat mempelajari berbagai jenis motif batik.
Meskipun fasilitas belajar membatik di dusun ini tergolong sederhana dan belum menyediakan instruktur yang berbahasa asing, namun dengan mengamati aktifitas para pengrajin mulai dari membuat wayang dan membatik, pengunjung juga bisa memilih sendiri motif yang hendak dibuat.


Keistimewaan lain yang didapat pengunjung adalah lokasinya yang berdekatan dengan lokasi obyek Goa Selarong yang merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat berperang melawan Belanda. Untuk menuju Dusun Krebet, pengunjung harus menyiapkan sendiri kendaraan pribadi atau menghubungi agen tour yang menyediakan jasa menuju dusun tersebut. Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Kabupaten Bantul tidak memungut tarif apapun kepada wisatawan. Pengunjung bisa mengunjungi Desa Krebet secara gratis. Di desa wisata ini ada 25 sanggar yang menjadi tempat penampungan hasil karya bagi setiap kreativitas warga masyarakat. Hampir semua warganya, baik laki-laki maupun perempuan bekerja pada sektor usaha kerajinan batik kayu. Di dusun ini juga terdapat rumah penduduk yang dijadikan homestay untuk memfasilitasi wisatawan yang belajar membantik dan memerlukan menginap.

Tidak ada komentar: